Kamis, 01 September 2011

P.S... (Cerpen kedua dari seri 7 Cowok 7 Cerita)

P.S…
Wiwid. Cewek gue itu bisa dibilang pacar paling rese di dunia. Kenapa begitu? Ceritanya berawal dari rental DVD langgangan gue. Gue yang notabenenya penggila film – khususnya film barat – waktu itu lagi milih-milih film buat ngisi waktu luang. Saat itu juga gue baru inget kalo hari itu hari sabtu a.k.a malem minggu. Seperti cowok-cowok kebanyakan, gue punya rutinitas kalo malem minggu selalu ngapelin cewek gue. Tapi waktu itu gue lagi males pacaran, gue lagi pengen nonton film. Tapi kalo gue nggak ngapelin Wiwid, tuh cewek pasti bakalan ngamuk kayak kambing mau disembelih. Dan muncullah satu ide di kepala gue. Gue bisa tetep nonton film tanpa bikin si Wiwid ngamuk. Gimana kalo malem minggu ini gue ngajak Wiwid nonton DVD di rumahnya? Hahaha. Gilang, lo emang cerdas!
            Dengan sigap gue menelusuri setiap rak-rak film di rental itu. Gue harus milih film yang seromantis mungkin, supaya kesan malem minggunya tetep kerasa. Dan gue kudu milih film yang kira-kira Wiwid juga suka. Karena kalo boleh jujur, cewek gue itu selera film-nya parah banget. Tuh cewek doyannya film-film zaman bokap-nyokapnya waktu SMA. Selain itu, dia juga masih suka nonton sinetron kacangan. Nggak ada satu sinetron pun yang dia lewatin. Gue inget pas ultah gue 2 bulan yang lalu, gue adain di kafe mahal, acaranya jam 8 malem, dan Wiwid nggak dateng! Tuh cewek lebih milih nggak dateng ke ultah gue dari pada kelewatan sinetron favoritnya. Sumpah, gue langsung gigit kursi!
            Balik lagi ke rental DVD, pilihan film gue jatuh pada 1 film keluaran tahun 2007. P.S. I Love You. Dari cover dan sinopsisnya, kayaknya nih film bagus. Apa lagi artis-artis yang maen di film ini artis kelas Hollywood semua. Pasti bukan film kacangan. Biar si Wiwid itu nggak out of date mulu seleranya.
            Malem harinya, gue langsung capcus ke tempat Wiwid. Tuh cewek udah siap di depan teras rumahnya. Pasti dia ngiranya gue bakal ngajakin dia jalan hari ini. But I’m sorry to make you disappointed, Babe. Hari ini kita bakal ngerem di kandang.
            Wiwid nyambut gue dengan jutek, dia langsung mendelik sebal ke arah gue begitu gue berdiri di depannya.
            “Lama banget sih? Aku bosen nunggunya, tau!” omel Wiwid, cempreng.
            “Sorry, Sayang. Si frogy tadi mogok,” kilah gue sambil menunjuk mobil kodok gue yang terparkir di halaman rumah Wiwid.
            “Kamu sih. Barang purba gitu masih dipelihara,” cecernya. “Kita mau ke mana sekarang?”
            “Kita nggak bakal ke mana-mana, karena kita bakal nonton film keren. Taraaaa!” Gue langsung nunjukin DVD P.S. I Love You itu di depan muka Wiwid.
            Wiwid langsung ngerutin keningnya. “P.S I Love You,” gumamnya samar. “Bagusan mana sama Catatan Si Boy?”
            Gue cuma bisa ngedengus. “Yang ini! Yuk!” Gue langsung nyeret Wiwid ke ruang tamunya.
            Wiwid anak tunggal, jadi kalo malem minggu gini rumahnya sepi. Bokap-nyokapnya ada, tapi mereka maklum dengan kegiatan malem minggu gue kali ini, dan lebih milih memisahkan diri dari kami. Gue langsung nyetel DVD itu. Dalam sekejap gue langsung larut sama tuh film. Sedangkan Wiwid sendiri. Gue nggak peduli. Filmnya emang gue akuin bagus, dan menyentuh. Sampe pada pertengahan film, gue denger suara isak tangis di samping gue. Gue noleh, ternyata Wiwid sampe nangis nontonnya. Gue nggak bisa apa-apa, kecuali ngelus-ngelus kepala si Wiwid. Sampe akhirnya film itu selese, dan WIiwd nangisnya tambah kenceng. Gue gelagapan. Takut ortunya ngira gue ngapa-ngapain anaknya. Akhirnya Wiwid agak tenangan dan dia mulai buka suara.
            “Gil, Filmnya sedih banget. Huhuhu,” katanya sambil terisak.
            “Iya nih. Aku juga sedih nontonnya.”
            “Aku mau nonton lagi. Aku pinjem dulu ya?”
            “Iya. Tapi lusa udah harus aku kembaliin lho.”
            Dan malam minggu itu berakhir dengan sukses. Dua hari kemudian, gue kambali dateng ke rumah Wiwid buat ngambil DVD itu. Tapi Wiwid bersitegas nggak mau ngasi tuh DVD.
            “Wid, sekarang hari terakhir aku ngembaliin DVD-nya. Kalo telat, aku bisa kena denda.”
            “Nggak mau. Aku pengen nonton filmnya lagi. Keren banget, Giiiil.”
            “Iya. Nanti aku pinjemin lagi.”
            “Nggak mau. Kamu perpanjang aja hari pinjemnya ke rental,” tandas Wiwid.
            Dan hari itu gue kembali ke rental itu buat perpanjang  hari tuh DVD jadi satu minggu. Seminggu kemudian, gue kembali ke rumah Wiwid. Untungnya Wiwid mau ngembaliin tuh DVD, tapi kok mukanya melas gitu ya?
            “Gil…” panggil Wiwid takut-takut.
            “Hmmm?”
            “Gini. Mmh… kamu jangan marah ya?”
            “Kenapa?” gue mulai nggak sabar.
            “Sori yah, Gil. DVD-nya rusak.”
            “Whaaat?! Kok bisa?” gue langsung melotot.
            “Keseringan aku tonton, makanya rusak.”
            “Emang seberapa sering sih kamu nontonnya?”
            “Cuma sehari tiga kali kok,” jawab Wiwid polos.
            Gggggrrrrr. Gue udah nahan emosi. Langsung aja gue kembali ke rental DVD itu, dan ganti kerusakan tuh DVD. Sialan! DVD-nya original pula. Pastinya harga tuh DVD nggak murah. Gue tekor.
            Selama hari-hari berikutnya yang diomongin Wiwid pasti P.S. I Love You. Tuh cewek kayaknya udah kemasukan rohnya Gerry Kennedy di film itu. Mulutnya ngoceh terus tanpa henti. Dan omongannya Wiwid yang bikin gue keselek pangsit yang lagi gue makan pas kami lagi jalan bareng adalah…
            “Coba aja aku punya cowok kayak Gerry Kennedy. Pasti asik banget.”
            “Uhuuk. Uhuuuk.” Gue batuk-batuk. Lalu melirik Wiwid yang masih ngoceh. “Jadi kamu nyuruh aku mati, gitu? Biar sama kayak si Gerry itu?”
            “Bila perlu iya,” jawab Wiwid dengan mata berbinar-binar.
            Ggggrrrrr! Gue bukan hanya keselek pangsit, tapi sekarang keselek garpu.
            Dan selama sisa hari itu, Wiwid sibuk membanding-bandingkan gue dengan Gerry Kennedy.
            Hari ini gue lagi jalan-jalan di mall. Sengaja gue nggak ngajak Wiwid, karena yang diomongin pasti Gerry Kennedy lagi. Saat itu gue ngelewatin sebuah toko yang jual bermacam DVD dan CD original. Iseng-iseng gue masuk. Gue melintasi rak CD lagu-lagu Rock. Gue ngiler ngeliatnya, pengen beli semua. Lalu pandangan gue beralih ke rak DVD, dan mentok pada satu DVD yang bikin gue gondok akhir-akhir ini. P.S. I Love You!
            Gue ngambil DVD itu. Awalnya gue cuma bolak-balik tuh DVD tanpa berniat beli. Tiba-tiba gue keinget sesuatu. Ulang tahun Wiwid! Jujur sampe sekarang gue belom tau mau ngasi cewek gue itu apa, padahal ulang tahunnya 3 hari lagi. Perrhatian gue kembali ke DVD itu, dan menatap DVD itu tajam-tajam. Akhirnya gue cuma bisa mendesah pelan, Yah… kalo udah cinta, mau gimana lagi? Gue langsung angkat kaki dari toko itu, beserta DVD itu di genggaman tangan gue.
            Dear Wiwid.
            Wid, Happy 20th Anniversary ya! Aku cuma bisa ngasi kamu DVD ini doang, karena aku tau, kamu cinta mati sama ni film. Agak sepet juga sebenernya ngasi DVD ini ke kamu, karena yang kamu omongin pasti Gerry Kennedy lagi. But, it’s okay. Aku seneng kalo kamu seneng. Tapi… jangan coba banding-bandingin aku sama Gerry Kennedy lagi, karena sampe kapan pun aku nggak akan pernah sebanding sama dia. Aku punya caraku sendiri buat ngungkapin cinta ke pacar aku.
P.S. I Love You.
            Gue naruh selembar surat itu di atas DVD P.S. I Love You yang gue beli dua hari yang lalu, trus gue bungkus pake kertas kado. Gue memandang lama kado yang akan gue kasi ke Wiwid itu. Besok rencana gue akan dimulai.
            Keesokan harinya, gue udah bangun pas pagi-pagi buta. Gue langsung siap-siap ke rumah Wiwid. Gue sampe di depan jalan kecil menuju rumah si Wiwid. Sengaja gue parkir si Frogy di sana, supaya warna ijo elektriknya nggak nyolok mata pacar gue itu pagi ini. Gue memasuki rumah si Wiwid dengan ngendap-ngendap, persis orang yang mau maling. Agak was-was juga sih sebenernya takut dibilang maling. Sampe akhirnya, gue berdiri di depan pintu masuk rumah Wiwid. Gue langsung naruh kado yang sedari tadi gue bawa di atas karpet pintu masuk rumah Wiwid, trus gue mencet bel rumah itu. Begitu gue denger sahutan dari dalem, gue langsung lari pontang-panting menuju pohon gede di halaman rumah itu, dan sembunyi di baliknya.
            Seperti yang udah gue kira, Wiwid yang membuka pintu. Cewek itu keliatan baru bangun tidur, rambutnya masih berantakan, dia juga masih pake baju tidurnya. Tuh cewek keliatan kebingungan karena nggak mendapati satu orang pun di depan rumahnya. Cewek gue itu refleksnya emang agak lama. Gue cuma bisa jerit-jerit dalem hati, Wid, liat ke bawah! Liat ke bawaaaaah!
            Baru deh pas Wiwid maju selangkah dan nginjek tuh kado, dia refleks liat ke bawah. Gue harap-harap cemas, moga DVD-nya nggak pecah. Wiwid ngambil kado itu, wajahnya keliatan surprise. Masih di tempatnya, tuh cewek langsung buka bungkus kadonya, wajahnya bertambah surprise lagi begitu kado yang dia dapet ternyata film favoritnya, dan Wiwid segera baca surat yang gue selipin di dalemnya. Selama beberapa saat baca surat itu, ekspresi Wiwid nggak dapet gue tebak, tapi sedetik kemudian, Wiwid mendongak dari surat yang dibacanya. Lalu dia menempelkan surat itu di dadanya, persis seperti salah satu scene di mana Holly Kennedy selesai baca surat dari almarhum suaminya – Gerry Kennedy. Wiwid juga keliatan terharu banget. Sedangkan di sini, di balik pohon gede di halaman rumah Wiwid, gue cuma bisa tersenyum puas sambil nahan gatel, karena dari tadi gue di gigitin semut rang-rang. But I’ts okay. Seenggaknya Wiwid suka kado gue.
***

NB: Cerpen ke 2 dari seri 7 Cowok 7 Cerita. I hope you like it.
.nittak. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar