Kamis, 08 September 2011

Bejo’s Wish (Cerpen keempat dari 7 Cowok 7 Cerita)

Bejo’s Wish (Cerpen keempat dari 7 Cowok 7 Cerita)
Hai, nama gue Benny Jonathan, tapi dengan sadisnya anak-anak di kampus merusak nama gue yang indah dan keren itu menjadi Bejo. Gue nggak ngerti kenapa, tapi alasan mereka cuma bisa bikin gue diem. Katanya nama Bejo itu lebih matching buat gue yang notabenenya punya badan cungkring dan muka kayak buruh bangunan. Gue udah nyoba buat protes, gue bilang kalo Benyamin Joshua itu juga punya nama yang huruf awalnya sama kayak gue, dan dengan baik orang-orang infotainment menyingkat namanya jadi Ben Joshua, jadi gue juga ngusul kalo nama gue disingkat jadi Ben Jonathan aja, tapi dengan sadisnya mereka bilang, “woi, sadar diri dong! Lo sama Ben Joshua itu perbandingannya jauuuuuuuh banget. Dia 10 juta lebih cakep dari lo.” Sekali lagi gue cuma bisa diem. Diem!
            Sekarang gue udah kuliah semester 4, dan sebagai mahasiswa hukum, gue terancam nggak lulus! IPK gue semester lalu nyaris nol koma. Bukan cuma di tampang aja gue sial, di akademis gue nggak kalah sialnya. Dunia emang nggak adil! Di sekeliling gue, cowok cakep rata-rata tajir, otak encer, ceweknya bejibun. Sedangkan gue, nggak usah ditanya lagi, pastinya hidup gue ngenes banget. Sekali lagi, dunia emang nggak adil!
            Untung aja ada Manda, dia penyeimbang hidup gue. Manda sahabat gue dari SMA. Dia yang selama ini selalu ngebantu gue. Manda anaknya tomboy, walapun gitu dia cantik, cerdas, temennya juga banyak, pokoknya dia perfect. Kebaikan Manda pada gue pernah gue salah artikan, gue kira Manda naksir sama gue, jadinya dulu gue sempet suka sama cewek itu. Tapi nasib berkata lain, Manda emang bener-bener tulus mau jadi sahabat gue. Jadi dengan sisa-sisa kejelekan gue, gue harus ngerelain Manda yang saat itu jadian sama Jodi – Ketua Osis waktu kami SMA. Lulus SMA, Manda putus sama Jodi. Gue seneng, berarti gue bisa suka sama Manda lagi. Tapi, sekali lagi nasib berkata lain. Manda malah jadian sama Ian – Ketua BEM Universitas. Arrrrgggghhhh! Apa gue kurang ganteng sampe-sampe naksir Manda pun nggak boleh? Akhirmya gue cuma bisa ngubur perasaan gue itu, tanpa Manda pernah tau. Dan mencoba menjadi sahabat yang baik buat Manda. Walopun hal itu sangat amat nggak mungkin. Yang ada gue malah selalu nyusahin Manda.
            Seperti malem ini, Manda lagi ke kosan gue. Dia bantuin gue buat belajar ujian lisan besok. Manda lagi bacain kasus yang panjaaang banget, dan gue dengerin sambil maen Winning Eleven.
            “GOOOOL!!!” gue berseru saat gawang Barcelona berhasil gue bobol. Manda mendelik sebal ke arah gue. “Sori, Man. Lo boleh lanjutin,” kata gue. Manda kembali baca kasus yang panjangnya butuh waktu seabad buat selese dibaca itu, dan gue kembali ngelanjutin maen PS. Sampe akhirnya seruan Manda membuyarkan keasikan gue maen PS.
            “Jo, lo denger gue nggak sih?” tanya Manda.
            Gue gelagapan. “Apa-apa?”
            “Gue nanya, pasal apa yang harus dijatuhin buat tersangka tadi? Lo nggak dengerin gue ya?” tanyanya curiga.
            Gue tambah gelagapan. Manda masih nunggu jawaban gue. Gimana gue bisa jawab, kata-kata Manda dari tadi cuma gue anggep kayak angin lalu. Secara dia ngambil kasus dari buku setebel kotak sepatu yang dia bawa dari rumah. Boro-boro gue dengerin, gue boring duluan. Sumpah demi dewa langit dan bumi, pandangan Manda makin nggak ngenakin. Gue cuma bisa bales mandang Manda dengan tatapan semelas mungkin. Akhirnya seperti yang udah gue kira, Manda meledak kayak bom morotov.
            “Tuh kaaan! Lo nih nggak menghargai gue banget sih? Udah gue bantuin belajar, lo malah asik-asikan maen PS. Terserah lo deh, belajar sendiri sana!” omel Manda. Sabagai klimaks, buku kotak sepatunya sukses mendarat di muka gue.
            Sakiiiiit!!!
            Lalu suara bantingan pintu kamar kosan gue mengawali kepergian Manda. Hal pertama yang melintas di benak gue setelah Manda pergi adalah, besok gue nggak bakal lulus ujian! Udah dibantu belajar sama Manda aja kadang gue nggak lulus, paling bagus gue dapet C. Apa lagi nggak dibantu Manda, gue ngeri sendiri ngebayanginnya. Gue bolak-balik buku kotak sepatunya Manda, dan gue nggak ngerti dari buku setebel ini harus mulai dari mana. Akhirnya gue nyerah. Dengan berat gue melangkahkan kaki gue ke depan kosan, dan duduk di depan pos yang biasa jadi spot favorit gue kalo gue lagi dalam keadaan susah. Katanya kalo lagi dalam keadaan kayak gini paling efektif duduk di bawah shower, tapi apa boleh dikata, di kosan gue nggak ada shower, jadi deh gue duduk di sini.
            Gue duduk sambil mandangin langit malem yang waktu itu lagi banyak-banyaknya bintang. Gue jadi merenung, besok gue bakalan abis di tangan dosen hukum pidana gue – Pak Tarjo. Tuh dosen emang terkenal strict. Kalo moodnya lagi baik, tuh dosen bisa ngasi nilai B buat mahasiswa yang jawabannya ngaco sekalipun. Kalo moodnya lagi jelek, mahasiswa yang jawabannya bener pun belom tentu dikasi C. Sayangnya gue selalu ketemu tuh dosen pas moodnya jelek. Parahnya gue udah 2 kali nggak lulus ujiannya, kalo sampe ujian lisan besok nggak lulus… udah ah, gue ngeri ngebayanginnya. Setelah itu gue jadi mikirin Manda. Bener apa kata cewek itu, gue emang nggak menghargai dia banget. Kurang baik apa lagi dia sama gue? Gue malah balesnya kayak tadi. Sekali lagi yang bisa gue andelin cuma pasrah… gue berharap seenggaknya besok ada keajaiban. (Tanpa Bejo sadari, dari ufuk timur, salah satu bintang yang paling terang jatuh…)
            Hari ini adalah hari ujian lisan gue. Setiap mahasiswa diuji satu-satu, jadi gue lagi nunggu waktunya dipanggil, Manda baru aja keluar dari ruang ujian, mukanya langsung berseri-seri, tanpa punya kemampuan setingkat Dedy Corbuzier deh, tuh cewek nilainya paling nggak pasti dapet A. Sejenak pandangan kami bertemu, nggak lama Manda langsung buang muka. Lalu dia nyamperin Ian. Pasti dia masih marah sama gue. Tiba-tiba nama gue dipanggil. Dengan kaki rada gemeteran gue masuk ke ruang ujian. Pak Tarjo udah duduk di bangkunya. Gue langsung nebak, tuh dosen pasti moodnya lagi nggak bagus sekarang. Dan bener aja…
            “Haduuuh, Benny Jonathan. Kamu lagi, kamu lagi. Sudah berapa kali kamu tidak lulus ujian saya?” Itu kata-kata pembuka beliau buat gue. Sumpah, sopan banget. gue ngerasa jadi orang yang paling terhormat di kampus. Sial!
            Gue langsung duduk di hadapan pak Tarjo. Kami cuma dipisahin sama sebuah meja. Lama gue mandangin Pak Tarjo yang saat itu lagi nulis-nulis sesuatu. Nih dosen lagi ngerjain gue ya? Ujiannya kapan mulai sih?
            Lalu Pak Tarjo mendongak dari kertas yang ditulisnya. “Ayo mulai! Kenapa diam saja?”
            “Tapi bapak belum ngasi kasusnya,” jawab gue.
            “Kasusnya ada dibawah hidung kamu. Tuuuh!” kata Pak Tarjo sambil menunjuk lembaran kertas di meja itu. Gilaaa, banyak banget! “Kamu ini, dari dulu refleksnya lama banget.”
            “Semua, Pak?”
            “Ya pilih salah satu. Terserah kamu mau pilih yang mana. Mau kasus yang paling gampang sekali pun saya yakin kamu tidak akan bisa jawab. Ayo cepat baca kasusnya! Lalu putuskan pasal apa yang harus diberikan untuk tersangka, serta jelaskan alasannya! Saya beri waktu sepuluh menit,” jelas Pak Tarjo. “Mungkin waktu satu jam saja tidak cukup untuk kamu,” tambahnya.
            Terima kasih, Pak. Atas pujiannya.
            Gue segera baca salah satu kasus yang gue pilih. Gue baca, tapi satu pun nggak ada yang nyangkut di otak gue. Sampe akahirnya gue selesai baca kasus itu. Semenit… dua menit… gue tetep diem. Pak Tarjo udah mulai hilang kesabaran. Dan tanpa menunggu tiga menit. Duaaaarrrr! Dosen itu meledak.
            “Kamu ini. Ckckck. Dasar Mahasiswa nggak tau diri. Kasus seperti ini saja kamu tidak bisa jawab. Kampungan kamu jadi mahasiswa. Ndesoo! Dasar anak bodoh! Anak setan…” dan sederet caci maki keluar dari mulut samurai dosen itu. Gue cuma bisa menghela napas. Udah biasa. Tuh dosen ceramahnya lama banget, sekarang dia udah mondar-mandir di belakang gue. Bukan cuma itu, kolom nilai gue dicoret sama dia. Oh God, abis ini gue bakal di DO.
            “Sudah. Keluar sana! Saya males liat muka kamu. Keluar! Keluar!” kata Pak Tarjo dari ambang pintu.
            Gue langsung bangkit dari bangku gue dengan lesu. Gue hendak keluar dari pintu, tapi tuh dosen ngeblokir pintunya. Gue mau terobos langsung, nggak enak. Akhirnya gue cuma bisa minta permisi dengan cara yang nggak pernah gue bayangin sebelumnya.
            “Permisi, Pak. Anak Setan mau lewat,” kata gue, biar tuh dosen seneng. Hahaha. Makan tuh anak setan, Pak!
            Pak Tarjo mendelik ke arah gue. Sedetik kemudian tawanya meledak. “Apa kamu bilang? Anak setan? Hahaha. Bagus! Bagus! Kamu ngerasa juga kalau kamu anak setan. Lucu kamu. Saya suka sama kamu.” kata Pak Tarjo nggak disangka-sangka. “Sini-sini,” tambahnya, sambil menyeret gue ke mejanya. “Mau nilai apa kamu? A?”
            Gue melongo…
            “Oke saya kasi A.” Pak Tarjo lalu menuliskan huruf A di kolom nilai gue. Gue masih melongo. “Sudah-sudah. Kamu boleh keluar sekarang.”
            Dengan sisa-sisa kesadaran yang gue miliki, gue berjalan keluar ruangan itu. Gara-gara anak setan gue dapet A! Ini bener-bener ada keajaiban!
            Orang pertama yang gue temuin adalah Manda. Dengan cemas dia menghampiri gue.
            “Gimana ujiannya?” tanyanya. Ternyata dia udah nggak marah lagi sama gue. Mungkin karena dia ngeliat muka shock gue, dia jadi lupa kalo lagi marah.
            “Gue lulus. Dapet A,” kata gue hampa.
            Manda memekik keras. “Siriuuuussss? Bejo, congrats ya!” Tiba-tiba aja cewek itu meluk gue. Gue tambah shock nerima reaksi Manda yang nggak diduga-duga itu.
            “Thanks ya, Man. Ini semua karena lo.” Cuma itu yang bisa keluar dari mulut gue.
            “Karena gue gimana? Gue nggak bantu apa-apa.”
            “Tapi yang selama ini bantu gue kan elo. Nggak tau deh kalo nggak ada lo gue bakal gimana.”
            Manda meringis. “Eh, pergi bareng yuk? Gue sama Ian mau makan siang. Lo ikut kami. Sekalian ngerayain nilai A lo yang langka itu,” usul Manda.
            Gue mesem. Lama gue berpikir. “Nggak deh, Man. Kalian pergi aja.”
            Manda cemberut. “Kok gitu? Lo kan sobat gue, Ian pasti ngerti kok.”
            “Gimana ya… Gue nggak mau ngerusak acara kalian. Sebagai sahabat gue kan harus tau diri,” kilah gue.
            “Yakin nih?” Manda memastikan. Gue mengangguk mantap.
            Akhirnya kami berpisah. Gue menatap punggung Manda yang menjauh dari gue, Cewek itu kembali menghampiri Ian. Dengan mesra Ian ngerangkul Manda. Lalu mereka berdua berjalan bersama. Walopun rasa ini udah lama gue kubur, tapi kok sakitnya masih kerasa ya? Tapi cuma ini yang bisa gue lakuin atas semua kebaikan yang udah Manda kasi buat gue. Untuk saat ini, jangan ganggu kesenengannya Manda.
            Cemberut… akhirnya gue pulang ke kosan.
            Malem harinya, gue kambali duduk di depan kosan. Sama seperti kemaren, masih banyak bintang. Tiba-tiba ada satu bintang yang jatuh, gue langsung panik. Gue harus cepet-cepet buat permohonan. Emang dasar gue telmi, di saat kayak gini gue mikirnya masih lama. Akhirnya gue buat satu permintaan. Gue pengen Manda bisa langgeng dan bahagia sama Ian. Karena sebagai sahabatnya, gue tau Manda sayang cowok itu, begitu pula sebaliknya. Sekali lagi, cuma itu yang bisa gue lakuin atas semua kebaikan yang Manda kasi.
            Akhirnya malem ini pun terasa indah buat gue.
***

I hope you like it.
nittak ^^

CP: twitter @nittalaras

Tidak ada komentar:

Posting Komentar